8 Tips Memilih Foundation Sesuai Warna Kulit

Spread the love

Memilih foundation yang cocok dan tepat untuk wajah juga bisa menghabiskan banyak waktu. Pada dasarnya ada banyak hal yang harus anda perhatikan ketika memilih foundation yang sesuai dengan jenis kulit dan juga warna dasar kulit anda.

Setiap orang akan membutuhkan jenis dan juga warna foundation yang berbeda. Berikut beberapa tips memilih foundation terbaik yang sesuai dengan jenis kulit anda :

8 Tips Memilih Foundation Yang Bagus dan Sesuai Warna Kulit

Cara Memilih Foundation

1. Ketahui jenis kulit Anda

Mengetahui jenis kulit juga akan sangat membantu ketika memilih foundation yang tepat dan sempurna. Untuk anda yang memiliki kulit sensitif atau alergi lebih baik menggunakan formula non komedogenik atau formula hypoallergenic.

Kulit yang normal dan kombinasi juga dapat mencoba beberapa formula yang berbeda untuk melihat mana yang terbaik untuk kulit anda nantinya.

2. Kenali warna dasar kulit Anda

Setelah anda mengetahui jenis kulit anda sendiri, selanjutnya anda kenali warna dasar pada kulit anda. Pasalnya, warna dasar kulit juga akan mempengaruhi warna foundation yang cocok untuk anda. Warna dasar pada kulit dikategorikan dalam tiga warna, yaitu warna cool, warm, dan natural. Cara yang satu ini dilihat dari warna pembuluh darah di pergelangan tangan.

Foundation yang memiliki nuansa cool atau dingin( biasanya berlabel “C”) juga cocok untuk orang yang memiliki pembuluh darah berwarna biru.

Nuansa warm pada produk foundation biasanya ditandai dengan label “W”, juga cocok untuk yang memiliki pembuluh darah berwarna hijau. Sementara foundation dengan warna dasar kulit yang netral (label “N”) ditujukan untuk mereka yang memiliki pembuluh darah berwarna sedikit keunguan (campuran biru maupun hijau).

Setelah anda mengenali warna dasar pada kulit anda sendiri, langkah selanjutnya adalah memilih foundation dengan warna yang paling mirip dengan warna dasar pada kulit anda.

Jangan memilih foundation yang warnanya satu tingkat lebih gelap atau atau warna lebih cerah dari warna dasar kulit anda.

3. Pilih coverage dan tekstur foundation

Tentukan pilihan coverage atau (daya tutup yang diberikan produk), apakah anda menginginkan coverage yang penuh, sedang, atau yang tipis.

Anda juga bisa menentukan jenis coverage juga tergantung dari seberapa alami tampilan yang akan anda inginkan dari pemakaian foundation, dan juga sesuaikan dengan jenis coverage yang sudah disediakan oleh produk yang anda gunakan.

Selain itu, pilih juga bentuk tekstur foundation yang akan anda gunakan nantinya. Setiap tekstur foundation memiliki fungsi yang berbeda-beda, seperti :

  • Foundation yang cair adalah jenis foundation yang paling ringan dan juga termasuk paling mudah untuk dipulas pada wajah. Biasanya foundation berbasis minyak untuk kulit yang kering dan foundation cair berbasis air untuk kulit yang berminyak, normal, ataupun kombinasi.
  • Foundation yang krim digunakan untuk kulit normal dan sangat kering. Karena foundation yang seperti ini mengandung banyak minyak, teksturnya yang tebal, dan lembut yang dapat menyatu dengan sempurna dengan kedua jenis kulit ini sehingga membuat kulit akan terasa lebih lembab dan kenyal.
  • Foundation yang padat tersedia dalam bentuk loose powder (bubuk super halus) maupun bedak padat. Foundation tipe yang seperti ini sangat kering dan hampir tanpa air sama sekali. Foundation ini juga sangat cocok untuk digunakan pada orang yang memiliki kulit berminyak dan kulit normal.

4. Coba langsung pada wajah

Tips cara memilih foundation yang tidak kalah pentingnya adalah mencoba mengaplikasikan langsung pada wajah. Kebanyakan orang biasanya mencoba foundation pada bagian punggung tangan.

Hal yang seperti ini adalah cara yang salah. Pasalnya warna kulit pada punggung tangan dan wajah pastinya berbeda. Cara terbaik untuk mencoba foundation adalah di sepanjang garis rahang dan di bawah pencahayaan yang beragam bagian (dalam dan luar ruangan).

Warna foundation yang benar akan menyatu dengan warna alami pada kulit. Pada beberapa orang yang memiliki warna kulit yang lebih kompleks, uji pula warna foundation di T-zone, yaitu pada area dahi, hidung dan juga mulut.

5. Membuat warna campuran

Jika anda kesulitan dalam memutuskan antara memilih dua warna yang sama, pilihlah salah satu warna satu tingkat yang lebih terang daripada warna kulit alami anda, dan anda juga bisa mencampurnya dengan bronzer atau blush on.

6. Coba Foundation di Tempat yang Terang

Usahakan carilah tempat yang terang pada saat ingin mencobanya.

Jika anda mencoba ditempat yang pencahayaannya kurang atau gelap, kemungkinan warna kulit anda akan terlihat lebih gelap atau bisa juga sebaliknya, akan terlihat lebih terang.

Jadi, ada baiknya anda mencoba foundation ditempat yang terangnya natural.

7. Pilih Jenis Foundation yang Tepat

Sekarang ini sudah cukup banyak sekali jenis foundation yang anda temukan di toko-toko make up, mulai dari yang cair, krim, stik, hingga sampai tinted.

Setiap jenis untuk foundation tersebut memiliki kelebihannya masing-masing, karena itu disarankan untuk memilih berdasarkan jenis coverage yang akan anda butuhkan.

Jenis foundation yang cair atau krim akan lebih cocok digunakan untuk acara yang penting, karena dapat memberi full coverage.

Namun, untuk penggunaan sehari-hari, pilihlah foundation dengan jenis tinted atau BB Cream yang cukup untuk menutupi noda-noda di bagian wajah dan juga dapat meratakan warna kulit.

8. Pilih Tekstur Foundation

Ada banyak macam ragam tekstur dari foundation yang ada di pasaran, yakni padat, cair, gel, cream, hingga powder. Tekstur yang berbeda maka fungsinya pun juga akan berbeda.

  • Foundation cair : sangat cocok untuk pemilik kulit kering karena memberi efek melembabkan. Selain itu, foundation cair juga sangat cocok untuk kulit normal dan cenderung kering ataupun yang berminyak. Hal yang seperti ini dikarenakan formulasinya sangat ringan daripada foundation tekstur yang lainnya.
  • Foundation cream : Memiliki bentuk tekstur yang lebih creamy dan kental. Namun ada juga yang bentuk teksturnya benar-benar mirip seperti krim. Foundation cream juga sangat baik dalam menutupi flek hitam dan juga sangat cocok untuk segala jenis kulit, namun lebih sering digunakan oleh orang yang telah mengalami tanda-tanda penuaan.
  • Foundation gel : Sangat cocok untuk kulit yang kering dan normal yang cenderung kering, karena bentuk teksturnya yang mirip dengan foundation cair. Bagi anda yang sedang mengalami masalah jerawat, anda juga bisa menggunakan foundation yang satu ini, karena teksturnya yang cenderung sangat ringan dan juga tidak menyumbat pori-pori.
  • Foundation padat : Sangat cocok digunakan untuk kulit yang berminyak karena memberikan hasil akhir yang matte dan menempel dengan sempurna di kulit yang lembab.
  • Foundation powder : Sekilas mirip dengan bedak tabur, tetapi kemampuan meng-cover-nya lebih baik dibandingkan bedak. Bentuk tekstur foundation yang satu ini sangat cocok untuk kulit berminyak atau untuk mereka yang ingin tampak lebih natural saat menggunakan foundation ini.

Langkah-langkah memulas foundation :

  • Gunakan kuas atau sponge makeup dengan cara gerakan menepuk melingkar untuk mengaplikasikan foundation agar tampilan akhir akn lebih alami.
  • Bubuhkan sedikit foundation di tiga titik wajah yaitu pada dahi, pipi dan juga pada dagu. Kemudian jangan lupa oleskan hingga merata ke arah hidung. Untuk mendapatkan hasil yang merata, anda dapat mengulangi aplikasinya sekali lagi. Bersihkan kuas setelah menggunakan foundation untuk menghindari foundation yang terkesan tebal dan juga yang menumpuk.

Untuk foundation yang bubuk, cukup dengan celupkan kuas ke dalam serbuk satu kali saja, dan ingat, jangan diputar.

Aplikasikan dengan gerakan menepuk dengan melingkar pada T-zone.

Khusus untuk kulit yang berminyak, pastikan untuk ‘menahan’ foundation dengan bedak tabur translucent dengan bertujuan agar tidak cepat luntur.