Tips Belanja Online Aman

Spread the love

Di era yang serba online ini, segala hal dapat dilakukan melalui internet. Salah satu kemudahan yang internet berikan adalah kemudahan berbelanja online. Saat ini website yang menyediakan wadah untuk jual beli secara online kian hari kian berkembang. Setiap orang bisa melakukan jual beli melalui media online ini. Namun, terdapat banyak resiko atau kekurangan dari jual beli online.

Tips Belanja Online

Sebagai orang yang aktif di internet, pengalaman berbelanja online tentu saja menjadi hal yang lumrah. Namun demi keamanan dan kenyamanan saat berbelanja online, ada beberapa tips untuk belanja online yang aman dan efektif.

  1. Mencari Informasi tentang Website dan Toko Online

Sebelum memulai untuk berbelanja online, hal pertama yang perlu diperhatikan adalah menentukan website jual beli online. Setiap website tentu saja memiliki sistem yang berbeda, seperti website tersebut hanyalah penyedia wadah jualan beli atau website tersebut merupakan platform pembelian langsung. Fitur setiap website tentunya berbeda-beda pula. Perbedaan fitur juga dapat memberikan kekurangan dan kelebihan tersendiri.

Jika Anda menentukan atau memilih website yang merupakan pihak penyedia wadah jual beli, hal selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah melihat produk dari banyak toko online yang berbeda. Sebelum memutuskan membeli barang dari sebuah toko atau lapak, cari tahu terlebih dahulu mengenai informasi toko tersebut. Informasi tentang lapak dapat diperoleh melalui review toko dan juga rating toko.

  1. Perhatikan Kebijakan Website

Website yang baik tentu saja memiliki halaman kebijakan website. Pastikan Anda memerhatikan dan teliti terhadap setiap ketentuan perusahaan. Pastikan tidak ada point ketentuan yang menurut Anda dapat merugikan customer. Pahami juga mengenai ketentuan retur barang. Hal ini berguna karena Anda tidak dapat melihat barang belanjaan ada secara langsung. Website yang baik akan memudahkan proses garansi dan retur jika barang yang sampai pada customer tidak sesuai dengan pesanan.

  1. Perhatikan Sistem Pembayaran

Selanjutnya perhatikan pula sistem pembayaran pada website. Hindari membayar secara langsung kepada penjual sebelum bukti pengiriman dikirimkan, apabila website merupakan situs penyedia wadah jual beli. Untuk keamanan, usahakan lakukan konfirmasi pesanan dan detail lainnya tetap pada laman website, sehingga akan terhindar dari berbagai kejahatan online.

Kejahatan seperti penipuan dapat terjadi apabila kita melakukan obrolan dengan penjual diluar website karena biasanya penipu akan meminta pembayaran secara langsung. Selain itu website juga dapat mengawasi transaksi jual beli dan hanya akan mengirimkan uang dari pembeli kepada penjual apabila resi pengiriman sudah diunggah ke dalam website.

  1. Selalu Menyimpan Bukti Transfer Pesanan

Menyimpan bukti transfer dapat menghindarkan Anda dari penipuan. Penipuan dapat terjadi dengan meminta customer mentransfer lagi sejumlah uang kepada penjual dengan dalih customer belum mengirimkan uangnya. Bukti transfer dapat menjadi bukti penolong apabila Anda menghadapi situasi semacam ini untuk dapat dilaporkan kepada pihak polisi.

  1. Gunakan Password yang Kuat pada Email

Menggunakan password yang kuat pada email akan menghindarkan Anda dari peretasan. Hal ini karena sebagian besar hacker dapat membaca kode biner pada password Anda. Semakin banyak kombinasi karakter pada password, maka semakin sulit pula kode biner Anda akan terbaca oleh para hacker. Email yang telah diretas dapat digunakan untuk mengambil keuntungan bagi peretas dan merugikan Anda secara finansial. Email memiliki banyak akses pada berbagai akun yang dapat merugikan Anda secara pribadi jika diretas orang yang tidak bertanggung jawab.