Kain Balotelli : Jenis, Karakteristik, Kelebihan, & Kekurangannya

Spread the love

Dikalangan masyarakat cukup banyak beredar produk yang terbuat dari berbagai macam jenis kain. Salah satunya yakni jenis kain yang cukup populer dan banyak didengar adalah kain balotelli. Meskipun sudah banyak didengar, namun sesungguhnya sudah banyak orang yang belum mengetahui mengenai tentang jenis kain tersebut.

Kain balotelli tersebut memiliki pengertian, ciri dan juga karakteristik tersendiri yang sangat penting untuk diketahui.

Selain itu juga bahan ini memiliki memiliki kelebihan dan juga kekurangan untuk dijadikan berbagai macam produk. Oleh karena itu, berikut ini ada beberapa ulasan lengkap mengenai tentang kain balotelli :

Apa Itu Kain Balotelli ?

kain balotelli

Kain balotelli adalah sejenis kain dengan bahan yang cukup tebal dengan tekstur yang sangat khas. Motif atau jenis kainnya yang membentuk kotak-kotak kecil dan bergaris. Adapun ciri khas yang dimiliki oleh kain jenis ini yang menjadikannya amat mudah untuk kita kenal dan dibedakan dengan jenis kain lainnya.

Sebenarnya, bahan untuk membuat kain Balotelli ini masih sangat diragukan, apakah masuk ke dalam jenis bahan katun atau tidak. Namun, karena memiliki perbedaan yang cukup terlihat dari jenis bahan katun, maka ia tidak digolongkan untuk jenis bahan katun.

Bahan yang dipakai untuk membuat jenis kain Balotelli sendiri tidaklah 100% dari serat katun yang alami.

Berdasarkan fakta di lapangan, kain dengan jenis katun akan memiliki sensasi yang khas jika diraba. Yang sehingga, Balotelli dapat dinyatakan berbeda dari jenis katun itu sendiri.

Bahkan jika kita lihat dengan kasat mata, jenis kain balotelli ini memberikan sedikit efek kilau yang tidak ditemukan pada jenis katun.

Contohnya saja jenis katun Toyobo Original. Akan tetapi juga ada yang menyebut bahwa kain balotelli termasuk jenis kain katun. Sekalipun bukan yang asli dari bahan katun, melainkan yang berupa serat campuran.

Karakteristik Kain Balotelli

karakteristik kain balotelli

Kain dengan jenis balotelli ini juga memiliki berbagai macam ciri dan juga karakteristik yang sangat istimewa. Karakteristik yang dimaksud yakni tentu saja tidak diperboleh dari bahan kain jenis lainnya.

Banyak yang menyukai kain dengan jenis yang satu ini lantaran berbagai keunggulan dan kelebihan yang dimiliki untuk membuat pakaian. 

1. Teksturnya Berserat

Karakteristik dari kain jenis Balotelli yang pertama adalah ia memiliki bahan yang cenderung tidak terawang atau tidak tembus pandang.

Hal itu disebabkan karena ia memiliki tekstur dengan banyak serat. Oleh karena itu, untuk dapat memastikan bahwa kain yang bersangkutan adalah jenis kain balotelli dengan merasakan teksturnya.

Ciri khusus dari kain balotelli adalah bergaris dengan tekstur yang sedikit kasar.

2. Tidak Melekat Ke Tubuh dan Tidak Terawang

Karakteristik jenis kain balotelli yang selanjutnya adalah ia tidak terlalu melekat kedalam tubuh pada saat digunakan. Dan sehingga jenis kain ini tidak menampakkan lekuk tubuh jika dipakai.

Karakteristik lainnya adalah tidak terawang pada saat kita pakai. Bahan ini memang terkesan memenuhi syarat seperti pakaian ala muslimah kekinian sehingga banyak dipakai untuk membuat gamis.

3. Tersedia Dalam Berbagai Warna dan Motif

Selain dari beberapa karakteristik yang ada diatas, kain jenis ini juga memiliki karakteristik jenis lainnya, yakni hadir dengan berbagai macam warna mulai dari warna yang polos, cerah hingga jenis kain yang bermotif. Karena dari berbagai macam jenis inilah para designer percaya bahwa ini adalah bahan pakaian yang paling baik.

4. Bahan Kain Agak Tebal dan Halus

Karakteristik yang selanjutnya dimiliki oleh kain ini adalah, memiliki bahan yang sangat halus dan sedikit tebal. Inilah yang menjadikan kain balotelli banyak digunakan untuk bagian rok, gamis dan juga hijab. Bahan yang tebal juga akan menghindarkan penggunanya dari terawang. Hal yang seperti ini juga menjadi bahan yang dicari para muslimah agar mereka bisa menggunakan pakaian yang sesuai dengan syariat.

5. Memiliki Motif Kotak-Kotak dan Bergaris

Motif yang dimiliki oleh jenis kain yang satu ini memiliki motif kotak-kotak dan juga bergaris. Untuk membuktikan jenis kain balotelli caranya adalah dengan diraba teksturnya.

6. Tergolong Jenis Kain yang Ringan

Kain balotelli adalah jenis kain yang sangat ringan. Sekalipun dikatakan cukup tebal, namun jenis kain balotelli ini tetap ringan untuk digunakan. Inilah yang menyebabkan banyak orang tertarik menggunakan produk kain jenis balotelli yang satu ini.

Keunggulan Kain Balotelli

Keunggulan Kain Balotelli

Jenis kain ini menawarkan beberapa keunggulan didalamnya. Berikut adalah beberapa keunggulan yang akan diperoleh jika menggunakan kain jenis balotelli.

1. Kain Balotelli Mempunyai Serat yang Lebih Rapat

Serat kain yang terdapat pada jenis kain balotelli ini lebih rapat dan juga padat. Dengan demikian, saat dipakai tidak akan tembus pandang atau terawang. Meski demikian juga kain nya akan tetap jatuh ke bawah dan memberikan nuansa anggun tersendiri.

2. Kain Balotelli Cenderung Tidak Menerawang

Tidak hanya itu saja, kain Balotelli juga memiliki bahan yang relatif sangat tebal namun tetap ringan saat dibawa. Terkadang ada juga jenis kain yang tebal namun sangat berat untuk dijalankan. Berbeda dengan jenis kain yang satu ini kain yang sangat ringan. Baik itu digunakan untuk jilbab, rok, gamis dan berbagai macam jenis yang lain.

3. Adem Saat Digunakan

Harga yang biasanya ditawarkan untuk jenis kain ini tidak terlalu mahal. Tentu saja hal yang seperti ini menjadi keunggulan tersendiri. Dengan harga yang lumayan murah, juga pastinya banyak kalangan yang berminat untuk membeli jenis kain balotelli ini.

4. Bahannya Tidak Mudah Kusut

Bahan yang dimiliki dari jenis bahan balotelli juga tidak mudah kusut. Sekalipun digunakan seharian untuk berbagai macam kegiatan, akan tetap rapi dan tertata.

5. Mudah Diatur

Kelebihan yang selanjutnya dari kain Balotelli adalah ia sangat mudah diatur dan ditata. Termasuk ketika digunakan untuk membuat hijab dan juga model rok.

6. Mudah Ditemukan

Di pasaran, jenis kain yang satu ini sangat populer dan juga mudah ditemukan. Tidak jarang juga konveksi yang menggunakan bahan ini karena saking mudahnya dicari di toko kain dan sebagainya.

7. Tersedia dalam Berbagai Pilihan Warna

Kain balotelli juga tersedia dalam berbagai macam pilihan warna yang dapat anda sesuaikan dengan kesukaan anda masing-masing. Mulai dari warna yang polos hingga warna yang bermotif.

Berbagai macam kelebihan dan juga sifat yang dimiliki oleh jenis kain Balotelli ini juga membuatnya disukai oleh banyak orang. Karakteristik yang dimiliki oleh jenis kain yang satu ini juga sangat cocok untuk dijadikan berbagai macam pakaian. Misalnya saja seperti jenis gamis, hijab, jubah, celana, rok dan juga masih banyak lagi yang lainnya.

Kekurangan Kain Balotelli

Kekurangan Kain Balotelli

Sekalipun menawarkan dengan banyak kelebihan, jenis kain Balotelli ini juga memiliki banyak kekurangan. Berikut ini adalah beberapa kekurangan dari bahan Balotelli dengan secara umum:

1. Teksturnya Sedikit Kasar Saat Diraba dan Agak Bergaris

Kain Balotelli juga mempunyai struktur yang sedikit kasar. Hal yang satu ini ditandai dengan motifnya yang bergaris dan kotak-kotak.

Jenis kain yang memiliki tekstur agak kasar tentu saja akan kurang nyaman pada saat anda gunakan.

Sekalipun demikian, kekurangan ini tidak begitu sangat berpengaruh karena tetap banyak yang menjadikan kain jenis ini untuk pakaian dan sebagainya.

2. Beberapa dari Jenisnya Terasa Panas saat Digunakan

Sebagaimana diketahui bersama bahwa jenis kain Balotelly ini memiliki beberapa varian grade. Yang sehingga, antara satu grade dengan yang lain memiliki kualitas yang pastinya berbeda.

Kain Balotelli dengan grade yang paling bawah terkadang terasa panas pada saat digunakan. Hal yang seperti ini tentu menimbulkan ketidaknyamanan tersendiri.

3. Jatuh Kainnya tidak Sebaik Wolfis

Kain yang jatuh adalah jenis kain yang cukup banyak diminati. Dan kain Balotelly juga termasuk ke dalam jenis kain yang jatuh tersebut.

Sayangnya, jatuhnya kain jenis balotelli ini tidak sebaik yang ada pada kain wolfis. Dengan demikian, tingkat kepuasaan untuk para penggunaan kain ini akan terasa berkurang, karena jatuhnya yang kurang maksimal.

4. Saat Digunakan Terasa Kaku

Selain dari beberapa kekurangan yang sudah disebutkan diatas, kain dengan jenis ini terkadang terasa kaku pada saat digunakan.

Meski demikian juga, kekurangan ini adalah hal yang sangat wajar dan bukan berarti jenis kain tersebut tidak memiliki kelebihan di dalamnya.

Jenis Kain Balotelli

Jenis Kain Balotelli

Seperti halnya berbagai macam jenis kain atau bahan lain, kain Balotelli juga terdiri dari berbagai macam jenis. Jenis tersebut yang dibedakan berdasarkan pada kualitasnya.

Dan ternyata, mulai dari jenis kain yang terbaik hingga jenis kain yang paling kasar masuk ke dalam varian kain Balotelli ini.

1. Balotelli Biasa atau Original

Grade kain Balotelli pertama adalah jenis Balotelly yang biasa atau original. Jenis bahan yang satu ini mempunyai karakteristik cenderung sedikit kaku.

Karena kaku tersebut, maka model pada kainnya kurang bisa jatuh. Apabila dibandingkan dengan jenis kain Toyobo, kain Balotelli grade ini terkenal sedikit lebih kaku atau tidak mudah untuk digerakkan.

Jenis bahan balotelly ini lebih cocok digunakan untuk membuat gamis kombinasi atau baju koko pria. Selain jenis Balotelly original, ternyata ada juga jenis balotelly ekonomis yang memiliki. Balotelli dengan versi ekonomis yang sangat cenderung terasa panas apabila digunakan.

2. Balotelli Grade A

Bahan balotelli grade A ini juga memiliki karakteristik yang sangat sedang, artinya ia tidak terlalu unggul ataupun tidak  terlalu di bawah secara kualitas.

Kain jenis ini digadang-gadang memiliki tipe diantara kain Balotelli grade yang biasa dan kain Balotelli grade A+. Secara kualitas tentu saja masih di bawah kualitas dibandingkan yang tergolong grade A.

3. Balotelli Grade A+

Ini juga merupakan varian dari kain Balotelly yang mempunyai grade terbaik dan unggul. Ia juga sangat kerap dikenal dengan nama Ar-Raihan.

Untuk karakteristik dari kain yang satu ini memang sangat halus, adem, jatuh dan juga sangat lembut. Jika memegang jenis bahan yang satu ini kesannya akan seperti bahan katun jenis Toyobo. Akan tetapi, ia agak sedikit lebih jatuh layaknya bahan Megumi Ladies.

Dari berbagai macam informasi yang diperoleh, jenis kain balotelli yang terbaik umumnya dikenal dengan kain zegna italiano. Bahan ini juga memiliki jenis tekstur kain yang terkesan jatuh. Bahan yang satu ini memang memberikan kenyamanan yang lebih apabila dibandingkan dengan jenis balotelly yang biasa. 

Jika anda amati dengan jelas, jenis kain Zegna Italiano juga mempunyai keunggulan yang benar-benar terasa jika dibandingkan dengan kain yang model biasanya.

Jenis Balotelly yang satu ini terkadang memberikan kesan yang kaku dan cepat kusut. Dengan memilih jenis zegna Italiano, maka pengguna akan merasakan sensasi kain yang lebih lemas, nyaman digunakan, tidak mudah kusut, jatuh dan lembut ketika dikenakan.

Penggunaan Kain Balotelli

Keunggulan Kain Balotelli

Ada beberapa macam kegunaan dari kain jenis ini. Pada umumnya, kain dengan jenis balotelli ini digunakan untuk pakaian, bukan produk lain. Berikut ini adalah beberapa penggunaan kain balotelli tersebut.

1. Gamis Syar’i

Kain balotelli juga sangat cocok untuk digunakan sebagai gamis syari. Hal yang seperti disebabkan karena bahan kain yang tertutup dan tidak terawang atau tembus pandang.

Selain itu, jenis kain ini juga sangat mudah untuk diatur dan dibentuk sehingga menghasilkan gamis yang indah dan juga menawan.

Meskipun ada beberapa jenis kain balotelli yang sedikit kaku, namun jika dijadikan gamis, juga masih menarik dan juga enak untuk digunakan.

2. Blouse

Kegunaan dari kain balotelli yang selanjutnya adalah untuk membuat blouse. Saat ini, blouse sangat banyak digemari dan juga diminati.

Kali ini juga sangat pas dengan tekstur dan juga motifnya yang demikian untuk membuat blouse.

3. Hijab

Kain jenis Balotelly juga sangat cocok untuk dijadikan hijab. Tentunya hijab dengan berbagai macam model dan juga jenis.

Hal yang seperti ini disebabkan karena jenis kain ini tergolong jatuh dan tidak mudah kusut. Dan mayoritas produsen hijab akan menggunakan jenis kain ini untuk berbagai macam model bentuk hijab.

4. Rok

Selain bisa digunakan untuk hijab, juga bisa digunakan untuk membuat rok. Ada berbagai macam model rok yang bisa dibuat dengan menggunakan bahan balotelli ini.

Mulai dari jenis rok yang berbentuk simple hingga yang paling mewah. Namun terkadang kain yang digunakan untuk membuat rok cenderung agak panas.

5. Baju Koko

Membuat baju koko untuk semua lelaki ternyata juga bisa menggunakan jenis kain balotelli. Justru baju koko dengan kain jenis balotelli ini juga banyak diminati karena kualitas bahannya.

Mulai dari jenis baju koko untuk usia dewasa, remaja bahkan sampai anak-anak.