Inspirasi Fashion Lebaran

Spread the love

Seiring berkembangnya zaman, dunia fashion juga semakin berkembang. Seperti yang dibahas di wow ortho, ada banyak sekali jenis cara berpakaian yang fashionable dan sesuai dengan event event tertentu. Salah satu event spesial di Indonesia adalah lebaran. Lebaran adalah tradisi merayakan hari raya bagi muslim. Ada dua kali lebaran di Indonesia, yaitu lebaran Idul Fitri (Lebaran Ketupat) dan lebaran Idul Adha (Lebaran Haji). Pada saat lebaran, banyak dari kita yang ingin selalu tampak canti dan fashionable dengan baju yang sesuai dengan tema lebaran yang islami.

Tips Memilih Pakaian Lebaran

Saat lebaran tentu adalah momen untuk bersilaturahmi, dimana kita bertemu banyak orang seperti keluarga, kerabat, tetangga dan teman dekat. Banyak dari kita yang berbelanja secara impulsif saat menjelang lebaran, hal ini mungkin dipicu euforia setelah menerima tunjangan hari raya, Indonesia memberikan peraturan bahwa perusahaan harus memberikan tunjangan hari raya sebesar gaji selama sebulan. Ditambah dengan diskon besar-besaran di berbagai tempat menjelang, saat dan setelah Lebaran. Namun, jangan sampai kita berbelanja fashion secara berlebihan tapi juga tidak begitu efektif saat lebaran datang.

  1. Sesuaikan Bentuk Tubuh

Dalam memilih fashion dalam acara atau kegiatan apa pun, pilihlah pakaian yang sesuai dengan bentuk dan postur tubuh Anda. Pakaian yang menyesuaikan bentuk dan postur tubuh akan terlihat bagus saat dipakai. Pastikan ukuran yang Anda pilih juga sesuai dengan tinggi badan dan lekuk tubuh Anda.

Apabila Anda memiliki bentuk tubuh yang kurus, akan lebih baik menggunakan pakaian seperti dress panjang yang memiliki tali pinggang agar memberikan kesan anggun dan tidak terlihat begitu kurus, atau jika Anda memiliki tubuh yang agak berisi hindari mengenakan baju yang memiliki banyak payet dan jilbab yang bertumpuk.

  1. Model yang Sopan

Momen lebaran tentu menjadi momen yang religius. Oleh karena itu memakai pakaian yang sopan akan lebih cocok untuk momen ini. Model pakaian seperti dress panjang dan kerudung menjadi model yang paling banyak digemari oleh sebagian orang yang merayakan lebaran.

Sebenarnya bagi Anda yang tetap ingin tampil stylish saat lebaran tidak harus memakai pakaian seperti dress panjang dan kerudung, asalkan pakaian yang dikenakan sopan. Pakaian ketat yang memperlihatkan lekuk tubuh dianggap tidak sopan. Maka dari itu, sebaiknya hindari model pakaian seperti ini saat lebaran. Celana chinos panjang dipadukan dengan kemeja katun juga masih tampak cocok untuk dipakai saat lebaran.

  1. Bahan

bahan yang cocok untuk di aplikasikan pada baju kita saat lebaran sebenarnya banyak sekali. Jenis bahan pakaian yang saat ini banyak digemari kaum hawa di Indonesia saat lebaran adalah katun dan primis. Semakin berkembangnya jenis kain yang dikombinasikan sekarang ini, membuat pilihan bahan juga semakin banyak. Contohnya kain katun sendiri memiliki berbagai jenis yang kini mulai terkenal. Bahan sifon juga sangat cocok untuk membuat dress yang akan nampak jatuh. Ada juga bahan crepe dan kartun flat yang sering kali digunakan sebagai bahan kerudung untuk lebaran.

Namun pada saat memilih bahan, Anda juga perlu memerhatikan kenyamanan saat dipakai. Hal ini dikarenakan biasanya saat lebaran, kegiatan akan sangat padat dari pagi hingga sore. Oleh karenanya, pastikan mengenakan pakaian dengan bahan yang nyaman dan menyerap keringat. Seperti yang dilansir oleh fashion muslim.

Rekomendasi Pakaian

Tidak hanya melihat trend yang sedang berkembang, namun juga seberapa fashionable baju yang kita pakai saat lebaran. Model fashion terbaru yang sedang trend belum tentu cocok dikenakan saat lebaran. Sebaiknya hindari jenis pakaian yang tidak sesuai dengan postur tubuh. Entah itu baju seragam yang dikenakan seluruh keluarga atau perorangan, tetap perhatikan aspek-aspek saat memilih pakaian lebaran yang sudah dibahas sebelumnya. Berikut ini rekomendasi pakaian yang cocok dipakai saat lebaran.

  1. Kemeja Lengan Panjang

Kemeja lengan panjang bisa jadi rekomendasi pakaian yang dapat dikenakan saat lebaran. Kemeja lengan panjang masih tergolong sopan dan memiliki banyak model. Seperti kemeja flanel kotak kotak, kemeja motif bunga dan kemeja lengan panjang yang sekarang ini sudah dikombinasikan dengan banyak aksesori.

Kemeja bisa dikombinasikan dengan membuat kerah kemeja yang lebih beragam seperti v neck, basic atau bahkan turtle neck. Bisa juga dengan mengombinasikan kemeja yang memiliki lengan berbentuk flare. Kemeja juga sangat fleksibel untuk dikombinasikan dengan berbagai macam bawahan.

  1. Pakaian Serba Putih

Rekomendasi pakaian selanjutnya adalah dress serba putih. Jenis fashion yang satu ini sangat cocok untuk dipakai sebagai seragam saat lebaran. Selain karena warna putih terlihat sederhana, warna putih juga akan memberikan kesan dinamis. Warna putih dianggap cocok untuk dipakai oleh setiap orang dengan segala jenis kulit. Selain itu dengan menentukan seragam lebaran dengan warna putih juga akan memberikan kebebasan model dan gaya setiap orang.

Hanya saja saat memakai warna putih, kita harus tetap berhati-hati karena memakai pakaian yang berwarna terang seperti ini akan membuatnya cepat kotor. Terlebih saat lebaran adalah saat dimana kita banyak berkunjung ke tempat orang orang dan mencicipi banyak makanan.

  1. Kerudung atau Scarf

Saat lebaran, memakai kerudung seperti sebuah keharusan. Kerudung seakan menjadi hal yang harus dipakai saat lebaran. Meskipun setiap harinya kita tidak mengenakan kerudung, kita akan mengenakan kerudung saat lebaran. Seolah berubah menjadi orang lain saat lebaran. Sebenarnya jika memang belum siap untuk berkerudung, scarf bisa jadi alternatif. Dengan membuat bandana atau pita dirambut dan memakai pakaian yang direkomendasikan wow ortho, kita akan tetap terlihat stylish dan terlihat apa adanya.